Sesi Pelatihan Bahasa Inggris untuk Anak/PAUD

Ketakutan para guru untuk mengajarkan bahasa inggris dengan baik menjadi kendala, sehingga para guru tidak berani mengajarkan bahasa inggris kepada muridnya padahal Bahasa Inggris sangat penting, kata Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Selasa (31/3/2016) saat diwawancara di kampus 2 Gejayan UMB Yogyakarta.

Berikut ini adalah sesi dalam pelatihan yang terlah terselenggara untuk PAUD. Kegiatan pelatihan dan pendampingan Bahasa Inggris sendiri dibagi menjadi empat sesi, dilaksanakan pada setiap hari Jumat pagi :

ss.12-pelatihan untuk PAUD

  • Pada sesi pertama secara bergantian Elsya Hartati S.Pd. M.Pd beserta dosen lainnya Agustinus Hary Setyawan S.Pd. MA mengajarkan bahasa inggris kepada guru dan murid PAUD. Metode yang digunakan dalam menyampaikan materi lebih banyak menggunakan alat peraga seperti boneka tangan, gambar, video. Hal ini menurut Elysa jauh lebih menyenangkan dan mudah diterima anak.
  • Pada sesi kedua melajutkan sesi pertama dengan banyak menggunakan alat peraga seperti boneka tangan, gambar, video untuk membuat kegiatan lebih menyenangkan.
  • Selanjutnya pada sesi ketiga giliran para guru mempraktekan apa yang selama ini telah diajarkan. “Pada awal program banyak anak yang belum paham ketika diajak berbicara inggris seperti ketika ditanya nama mereka hanya diam saja, namun setelah beberapa kali sesi anak-anak sudah mulai paham diajak untuk berkomunikasi, “jelasnya.
  • Pada sesi keempat di akhir bulan kegiatan pelatihan dan pendampingan Pendidikan Bahasa Inggris UMB Yogyakarta mengadakan acara bertema Be Smart and Fun With English, dengan mengundang beberapa PAUD . Acara tersbeut berupa mini outbond dimana anak-anak PAUD diajak bermain sekaligus belajar bahasa Inggris.

Diakui Elysa meskipun hanya berlangsung selama empat sesi namum program pengabdian masyarakat di PAUD Istana Cendikia berlangsung sesuai dengan target. Bahkan imbuhnya para guru disana menginginkan kegiatan pelatihan tersebut diperpanjang. Mengingat masih kurangnya kualitas guru di daerah Seyegan dalam mengusai bahasa Inggris. Dengan adanya kegiatan ini diharapakan para guru setelah ini bisa mengajarkan bahasa inggris kepada murid didiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *